Pengenalan HTML Untuk Pemula

Pengenalan HTML Untuk Pemula | Selamat siang semuanya para pengunjung blog saya ini, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pada agan-agan semuanya tentang Pengenalan HTML Untuk Pemula.

Hyper Text Markup Language atau HTML merupkan bahasa yang digunakan pada dokumen web sebagai bahasa untuk pertukaran dokumen web. Struktur dokumen HTML terdiri dari Tag Pembuka dan Tag Penutup. HTML versi 1.0 dikembangkan oleh W3C, dan terus mengalami perkembangan sampai saat ini. Berikut ini adalah contoh struktur dokumen HTML :
 
<html>
<head>
<title></title>
</head>
<body></body> 
<html>

Struktur diatas adalah satu kesatuan yang harus ada dalam setiap dokumen HTML. Dokumen HTML terdiri dari komponen tag, elemen dan atribut.
  • Tag adalah tanda awal < dan tanda akhir > yang digunakan untuk pengapit suatu elemen. Tag pada elemen pembuka diawali dengan tanda < dan diakhiri dengan tanda > sedangkan untuk elemen penutup diawali dengan tanda </ kemudiaan diakhiri dengan tanda >. Untuk penulisan tag elemen tunggal cukup menuliskan tanda < dan sebelum tanda > ditambahkan dengan tanda /. Berikut ini adalah contoh penulisan Tag :
<head>                        Tag Elemen Pembuka Head
</head>                       Tag Elemen Penutup Head
<input type=”text”/>     Tag elemen Tunggal
  • Elemen adalah nama penanda yang diapit oleh tag yang memiliki fungsi  dan tujuan tertentu pada dokumen HTML. Elemen dapat memiliki elemen anak dan elemen nilai. Elemen anak adalah suatu elemen yang berada di dalam elemen pembuka dan elemen penutup induknya. Elememen nilai yang dimaksud adalah suatu teks atau karakter yang berada diantara elemen pembuka dan elemen penutup. Berikut ini adalah contohnya :
<head>                          Elemen Head
<title>                            Elemen Anak Dari Elemen Head
Judul Dokumen              Nilai Dari Elemen Title
</title>
</head>’
  • Atribut adalah property elemen yang digunakan untuk mengkhususkan suatu elemen. Elemen dapat memiliki atribut yang berbeda pada tiap masing-masingnya. Pendefinisian nilai attribute hanya dapat dilakukan pada elemen pembuka. Untuk elemen dari tag yang memiliki atribut yang sama dengan induknya, namun nilai atribut tidak didefinisikan secara implisit maka nilai atribut elemen tersebut sama dengan nilai atribut pada tag induk atau istilahnya inherit. Sifat inherit tersebut tidak berlaku untuk atrinut identitas, seperti atribut ID dana NAME.
<body id=”mybody” class=”bodycontent”>         : Elemen Body dengan atribut id dan class
<p>           : Atribut class pada elemen P secara otomatis bernilai sama dengan induknya
Membuat HTML sederhana
</P>
</body>


<body id=”mybody” class=”bodycontent”>         : Elemen Body dengan atribut id dan class
<p class=”cobtent”>        : Elemen P dengan atribut class yang berbeda dengan induknya.
Menbuat HTML sederhana
</p>
</body>
Nah kiranya cukup sampai disini dulu dan semoga bermanfaat bagi agan-agan semuanya.

Share 'Pengenalan HTML Untuk Pemula' On ...

Ditulis oleh: ahmad mustaghfirin - Friday, April 5, 2013

Belum ada komentar untuk "Pengenalan HTML Untuk Pemula"

Post a Comment