Dasar-Dasar Jaringan Komputer

Dasar-Dasar Jaringan Komputer | Jaringan komputer merupakan fungsi / proses pengiriman data antara satu komputer menuju komputer lainnya . dalam jaringan komputer kita sering mendengar istilah tentang TCP/IP. Lalu apakah TCP/IP itu?????
  • TCP (Transmission Control Protocol) merupakan protokol (penterjemah) dalam jaringan yang menjamin keandalan pengiriman data dengan menggunakan proses acknowledgement yaitu proses Retransmisi (pengiriman ulang) dan Sequencing (pengurutan).
  • IP (Internet Protocol)merupakan protokol yang mengatur tentang pengalamatan pengiriman data menuju ke alamat yang benar Selain itu dalam jaringan terdapat pula protokol lain yang sangat penting dan sesuai dengan standart OSI (Protokol model Open System Interconnection) yaitu :
  • UDP (User Datagaram Protocol) merupakan Protokol yang tidak menggunakan proses acknowledgement sehingga tidak dapat diketahui apakah data sampai pada alamat yang dituju.
Aspek lain yang penting dari TCP/IP adalah membentuk suatu standarisasi dalam komunikasi. Tiap-tiap bentuk fisik suatu jaringan memiliki teknologi yang berbeda-beda, sehingga diperlukan pemrograman atau fungsi khusus untuk digunakan dalam komunikasi. TCP/IP memberikan fasilitas khusus yang bekerja diatas pemrograman atau fungsi khusus tersebut dari masing-masing fisik jaringan. Sehingga bentuk arsitektur dari fisik jaringan akan tersamarkan dari pengguna dan pembuat aplikasi jaringan. Dengan TCP/IP, pengguna tidak perlu lagi memikirkan bentuk fisik jaringan untuk melakukan sebuah komunikasi.
Untuk dapat mengidentifikasikan host diperlukan sebuah alamat, disebut alamat IP (IP address). Apabila sebuah host memiliki beberapa perangkat jaringan (interface), seperti router, maka setiap interface harus memiliki sebuah IP address yang unik. IP address terdiri dari 2 bagian, yaitu :
 
IP address = <nomer jaringan><nomer host>

Share 'Dasar-Dasar Jaringan Komputer' On ...

Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, April 10, 2013

Belum ada komentar untuk "Dasar-Dasar Jaringan Komputer"

Post a Comment