Mengenal Pengertian Motherboard Lebih Jauh

Mengenal Pengertian Motherboard Lebih Jauh | Motherboard atau bisa disebut juga dengan mainboard adalah Papan PCB utama atau papan sistem yang digunakan sebagai tempat pemasangan komponen-komponen Hardware dan peripheral yang kita gunakan. Adapun beberapa komponen Hardware yang terpasang pada Mainboard adalah : Prosesor, VGA Offboard, Memory, kabel konektor Harddisk/DVD Rom, Van dan lain-lain.
Nama Matherboard di daerah itu berbeda-beda, agar lebih tahu julukan Matherboard itu apa saja kita simak dibawah ini :
  • Matherboard
  • Mainboard
  • Mobo
  • MB
  • BOOT
Pada komponen motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu, seperti VGA Card, Sound Card, LAN Card, Internal Modem dan lain sebagainya. Berikut ini adalah merupakan tipe-tipe Mainboard :
Motherboard Socket A dirancang untuk sistem CPU AMD Duron, Sempron dan Athlon. Jenis motherboard socket A ini tidak cocok jika digunakan dengan prosesor yang menggunakan sistem Intel. Socket A ini menggunakan 453 pin dan dapat terhubung ke CPU. Socket  A motherboard dapat mendukung kecepatan pemrosesan antara 600 MHz dan 2.333 MHz. motherboard Socket A juga memiliki batas heat sink dari 10,6 ons.

Motherboard socket 370 adalah jenis motherboard yang biasa digunakan oleh Intel. Motherboard ini juga dikenal dengan  soket PGA370 dan memiliki lubang 370-pin untuk mendukung koneksi CPU. Socket 370 motherboard sering digunakan bersama dengan Pentium II, III dan CPU Celeron prosesor. Heat sink batas berat untuk socket 370 motherboard adalah 6,3 ons.

Motherboard Soket 478 memiliki lubang pin 478 untuk koneksi CPU. Motherboard jenis ini biasanya digunakan oleh Intel dengan perusahaan Pentium 4 dan Celeron prosesor. Koneksi ini memiliki batas beban berat sekitar 100 pon berat statis.

Motherboard  Socket LGA 775 digunakan oleh Intel untuk prosesor Pentium dan Celeron. LGA 775 motherboard mampu menangani kekuatan pemrosesan lebih dari motherboard lainnya, seperti data transfer dalam kapasitas  gigabyte. Motherboard ini memiliki koneksi 775-pin untuk menghubungkannya ke CPU dan memiliki kemampuan untuk bekerja dengan prosesor dual atau quad, yang memungkinkan transfer data yang lebih cepat.

Share 'Mengenal Pengertian Motherboard Lebih Jauh' On ...

Ditulis oleh: ahmad mustaghfirin - Tuesday, April 9, 2013

1 Komentar untuk "Mengenal Pengertian Motherboard Lebih Jauh"