Pengertian Memori Atau RAM Dan Fungsinya

Pengertian Memori Atau RAM Dan Fungsinya | Memori atau sering disebut oleh khalayak umum dengan sebutan RAM. RAM (Random Acces Momory) adalah perangkat yang sangat dibutuhkan oleh komputer. RAM ini berfungsi sebagai penyimpan data dan instruksi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu perintah atau bisa disebut juga dengan Task. Perintah yang tersedia pada memori atau RAM disiapkan untuk bisa diakses oleh prosesor. Ketika CPU membuka sebuah aplikasi dari Harddisk , prosesor akan men-load-nya kememori atau RAMdengan demikian, aplikasi akan bekerja lebih cepat karena prosesor tidak harus mengakses ke Harddisk.
Ada lima (5) njenis memoti yang seting kita jumpai di era sekarang, antara lain adalah :
  • RAM (Random Acces Momory) adalah perangkat yang sangat dibutuhkan oleh komputer. RAM ini berfungsi sebagai penyimpan data dan instruksi yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu perintah atau bisa disebut juga dengan Task.ROM [Read-Only Memory]  ROM disini berfungsi sebagai pengendali/ memegang perintah pada saat menyalakan sebuah komputer. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras. Contoh ROM semacam ini adalah ROM BIOS.
  • EPROM (ERASABLE PROGRAMMEBLE READ ONLY MEMORY) EPROM adalah jenis chip memori yang dapat ditulisi program secara elektris. Program atau informasi yang tersimpan di dalam EPROM dapat dihapus bila terkena sinar ultraviolet dan dapat ditulisi kembali.

Share 'Pengertian Memori Atau RAM Dan Fungsinya' On ...

Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, April 10, 2013

1 Komentar untuk "Pengertian Memori Atau RAM Dan Fungsinya"

  1. info bagus gan,,,, salam kenal dari kang zain, http://dualstars.blogspot.com/

    ReplyDelete